Senin, 09 Desember 2013

INTEGRAL LIPAT DUA DALAM TABUNG


KATA PENGANTAR


Puji syukur di sampaikan kepada Allah SWT, shalawat dan salam semoga dilimpahkan Allah kepada nabi Muhammad SAW , keluarga, sahabat, serta seluruh pengikutnya.
Atas rahmat dan karunia Allah SWT makalah ini dapat disusun sebagai tugas kelompok  makalah pada mata kuliah KALKULUS 3 yang dipergunakan untuk semester III. Diharapkan makalah ini dapat menjadi bahan tambahan.
Diharapkan kepada para pembaca memberikan kritik dan sarannya kepada kami, agar kami dapat memperbaiki makalah saya, sehingga lebih baik untuk kedepannya. Kami mohon dukungan yang besar dari para pembaca karena tidak menutup kemungkinan adanya kekeliruan pada makalah ini.
Kami ucapakan banyak terima kasih kepada semua pihak atas dukungannya.



                                                                                                Medan, 14 November  2012


                                                                                                            Penyusun






DAFTAR ISI
















BAB I

PENDAHULUAN


            Apabila daerah S di R3 mempunyai sumbu simetri, integral lipat tiga pada S akan lebih mudah diselesaikan apabila dipakai koordinat tabung.
            Apabila daerah S mempunyai titik simetri, biasanya titik tersebut dipilih sebagai titik asal dan digunakan koordinat bola. Pada sub bab ini dibahas integral lipat tiga dengan memakai koordinat tabung, dan pemekaiannya dalam masalah – masalah fisika.




















BAB II

PEMBAHASAN

A.    INTEGRAL LIPAT TIGA

Integral lipat tiga  dari suatu fungsi tiga variabel bebas terhadap daerah tertutup R, bervolume V, di mana fungsi bernilai tunggal dan kontinu merupakan suatu pengembangan dari integral tunggal dan lipat dua.
Jika f(x,y,z) =1 maka integral menjadi
Dapat diartikan pengukuran volume daerah R.
Dalam koordinat tegak lurus integral berganda ini menjadi :
.[1]

B.     INTEGRAL LIPAT TIGA KOORDINAT TABUNG

Gambar 1 berfungsi untuk mengingatkan kita tentang arti koordinat tabung dan mempergerakkan lambang-lambang yang akan kita gunakan. Koordinat Tabung dan Cartesius (persegi panjang) dihubungkan oleh persamaan-persamaan.
                     
Sebagai hasil, fungsi f(x,y,z) ditransformasikan ke
Bilamana dituliskan dalam kooordinat tabung.[2]














                        z

                                                Koordinat tabung


                                    P(

         0               Z                                                        y

                       


X







Gambar 1
            z
                                                z=u2(x,y)






0                                                                                                                                                          Z=u1(x,y)                                      y


r=h1(


x
                                                            r=h2(
Gambar 2
Persamaan 1
Dari persamaan 1 dapatlah diperoleh
Persamaan 2
Rumus 2 adalah rumus untuk pengintegralan lipat tiga dalam koordinat tabung. Rumus ini mengatakan bahwa kita mengalihkan integral lipat tiga dari koordinat siku-siku ke koordinat tabung dengan menuliskan  membiarkan z apa adanya, dengan menggunakan limit-limit pengintegralan yang sesuai untuk z,r,dan , serta dengan menggantikan dV oleh . adalah menguntungkan untuk menggunakan rumus ini ketika E adalah daerah pejal yang secara mudah dideskripsikan dalam koordinat silinder, dan terutama ketika fungsi f(x,y,z) melibatkan ekspresi x2+y2.[3]

C.    SENTROID DAN MOMEN INERSIA

Integral lipat tiga dan koordinat tabung dapat dipakai untuk menentukan moment inersia suatu benda padat terhadap sumbu z, sebab jarak dari titik pada benda padat terhadap sumbu z dapat dinyatakan oleh koordinat r.[4]
Koordinat (  dari sentroid volume memenuhi hubungan-hubungan
                                  
Moment inersia dari volume terhadap sumbu koordinat diberikan oleh
                                       .[5]

D.    CONTOH-CONTOH SOAL


Ø  CONTOH SOAL INTEGRAL LIPAT TIGA
Hitunglah .[6]
Jawab :
=
Ø  Contoh soal integral lipat tiga dalam koordinat tabung
1.      Suatu benda padat homogen berbentuk tabung lingkaran tegak mempunyai jari-jari 2 kaki dan tinggi 4 kaki. Tentukan moment inersia dari benda padat tersebut terhadap sumbunya.[7]
2.      Hitunglah integral lipat tiga dari f(ρ,θ,z)=ρ 2 terhadap daerah R dibatasi oleh paraboloid ρ 2 = 9-z dan bidang z = 0.[8]
Jawab :
1.         Pilih sebagai bidang – bidang koordinat demikian sehingga bidang xoy berimpit dengan bidang alas benda padat, dan sumbu z sama dengan sumbu benda padat tersebut. Gambar 3 berikut menunjukkan sebagian benda padat pada oktan pertama beserta dengan daerah bagian dari partisi tabung.
         Z
4

 





                                                                                                       

                                                                                                2          Y
 


                                                                                               
2
X
Gambar 3
Dengan memakai koordinat tabung, pilih titik (ri,θ i, zi ) pada daerah bagian ke i yang mempunyai rapat massa k slug/kaki2. Apabila Iz (dalam slug-kaki2) menyatakan moment inersia dari benda padat terhadap sumbu z, maka didapat :
Iz =
Terdapat enam urutan integrasi yang mungkin dan berbeda. Gambar 3 menunjukkan urutan dz dr dθ . Dengan memakai urutan tersebut, didapat :
Pada integrasi pertama batas-batasnya dari z=0 sampai z=4 datangnya dari selang nilai z. Pada integrasi kedua batas-batasnya dari r = 0 sampai r = 2, batas tersebut datangnya dari jari-jari tabung. Integrasi ketiga batas-batasnya θ  = 0 sampai θ=π2 , hal tersebut dikarenakan yang diperhatikan adalah bagian benda pada oktan pertama. Integral tersebut dikalikan dengan 4 untuk mencakup keseluruhan benda.
Dengan menyelesaikan integrasi di atas, didapat :
Jadi, moment inersia sama dengan 32 k π  slug-kaki2.
2.      Titik P pada paraboloid berkoordinat                         p(ρ,θ,z) = 2432
     Z


                                   P



                            0

                             θ                                                                                 Y

BAB III

PENUTUP

KESIMPULAN


Persamaan 1
Dari persamaan 1 dapatlah diperoleh
Persamaan 2
Rumus 2 adalah rumus untuk pengintegralan lipat tiga dalam koordinat tabung. Rumus ini mengatakan bahwa kita mengalihkan integral lipat tiga dari koordinat siku-siku ke koordinat tabung dengan menuliskan  membiarkan z apa adanya, dengan menggunakan limit-limit pengintegralan yang sesuai untuk z,r,dan , serta dengan menggantikan dV oleh . adalah menguntungkan untuk menggunakan rumus ini ketika E adalah daerah pejal yang secara mudah dideskripsikan dalam koordinat silinder, dan terutama ketika fungsi f(x,y,z) melibatkan ekspresi x2+y2.












DAFTAR PUSTAKA

 



 

 BIBLIOGRAPHY LEITHOD, L. TERJEMAHAN MARGAT,M (1986). KALKULUS 3 DAN ILMU UKUR ANALITIK. Dalam K. 3. ANALITIK, KALKULUS 3 DAN ILMU UKUR ANALITIK (hal. 631). JAKARTA: PT BINA AKSARA.
MENDELSON, F. A.TERJEMAHAN DANARJAYA,N (2006). SCHAUM'S OUTLINES EDISI KEEMPAT. Dalam S. O. KEEMPAT, SCHAUM'S OUTLINES EDISI KEEMPAT (hal. 351). JAKARTA: ERLANGGA.
SOEMARTOJO, N. (1987). KALKULUS LANJUTAN. Dalam K. LANJUTAN, KALKULUS LANJUTAN (hal. 83). JAKARTA: UI-PRESS.
VERBEG, E. J. TERJEMAHAN SUSILA,IN &KARTASASMITA,B AND RAWUH(1987). CALCULUS WITH GEOMETRY ANALITYC. Dalam E. J. VERBEG, CALCULUS WITH GEOMETRY ANALITIC (hal. 359). JAKARTA: ERLANGGA.














[1] Noenik,S.Kalkulus Lanjutan(Jakarta,UI-Press,1987)Hal.83
[2]EdwinJ. Purcell and Dale Varberg Calculus With Analitical Geometry Terjemahan Nyoman Susila dan Bana Kartassmita dan Rawuh (Jakarta, Erlangga,1987)Hal.359
[3] James stewart Calculus, Fourth Edition Terjemahan Nyoman Susila dan Hendra Gunawan (Jakarta,Erlangga,2003)Hal.487
[4] Louis,L,Kalkulus 3 Dan Ilmu Ukur Analitik Terjemahan M.Margata (Jakarta,Bina Aksara,1986)Hal.633
[5] Frank,A & Elliot,M.Schaum’s Outlines Calculus Terjemahan Nur,D(Jakarta,Erlangga,2006)Hal.352
[6] Ibid Soemartojo Hal.83
[7] Ibid Leithod Hal.633
[8] Ibid Soemartojo Hal.87

0 komentar:

Posting Komentar

 

Catatan Si Pink Template by Ipietoon Cute Blog Design